Selasa, 10 Desember 2013

Uluwatu

Beberapa objek wisata di Bali yang bisa anda kunjungi, salah satunya Pura Luhur Uluwatu terletak di di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Pura Luhur Uluwatu merupakan pura Sad kahyangan yang merupakan salah satu obyek wisata di bali yang terkenal dengan keindahan sunset / matahari tenggelam, Pura dibangun di atas batukarang yang terjal dan tinggi sekitar 70 meter yang menjorok ke laut. Deburan ombak dari Samudera Indonesia menambah keindahan panorama di sini.
Objek wisata di BaliPura Luhur Uluwatu ini tergolong Pura Kahyangan Jagat, karena Pura Sad Kahyangan dan Pura Padma Bhuwana itu adalah tergolong Pura Kahyangan Jagat. Di Pura Luhur Uluwatu ini Batara Rudra dipuja di Meru Tumpang Tiga. Di sebelah kanan dari Jaba Pura Luhur Uluwatu ada Pura Dalem Jurit sebagai pengembangan Pura Luhur Uluwatu pada zaman kedatangan Dang Hyang Dwijendra pada abad ke-16 Masehi.Menurut Lontar Kusuma Dewa, pura ini didirikan atas anjuran Mpu Kuturan sekitar abad kesebelas, sebagai tempat untuk menurunkan ajaran Desa adat dengan segala aturan-aturannya dan selanjutnya pura ini dipakai untuk memuja oleh seorang pendeta suci yang bernama Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta yang berasal dari Jawa, datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong.
Di objek wisata ini ada hutan kecil yang dihuni oleh puluhan kera, yang sedikit nakal mengganngu pengunjung, perlu diwaspadai jika menggunakan aksesories yang menyolok atau barang-barang berharga yang mudah diambil, karena kera-kera tersebut akan bergerak dengan sangat cepat untuk meraih apa yang menjadi perhatiannya. Yang terpenting lagi jangan mengganggu keberadaan mereka. Jika anda mau berkunjung ke sini, bisa ikut paket full day Uluwatu Tour ataupun bisa sewa mobil dari Bali Tours Club.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar